Senin, 07 Februari 2011

Komunikasi

Posted by chatra deorizky 03.52, under | No comments


A. DEFINISI

Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya.
Beberapa definisi komunikasi adalah:

1.   Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu  dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).

2.   Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang  pikiran atau perasaan (Roben.J.G).


3.   Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain  (Davis, 1981).

4.   Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)


5.   Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi).

B.  TUJUAN KOMUNIKASI
Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:

1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2. Mempengaruhi perilaku seseorang
3. Mengungkapkan perasaan.
4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain

5. Berhubungan dengan orang lain

6. Menyelesaian sebuah masalah

7. Mencapai sebuah tujuan

8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik

9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain


C. PROSES KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan suatu proses yang mempunyai komponen dasar sebagai berikut :

Pengirim pesan , penerima pesan dan pesan

Semua fungsi manajer melibatkan proses komunikasi.
Proses komunikasi dapat dilihat pada skema dibawah ini :









0 komentar:

Posting Komentar